Headlines News :
Home » » Konsep Maqashid Syariah; Antara Islam dan Paham Liberal

Konsep Maqashid Syariah; Antara Islam dan Paham Liberal

Written By Anonymous on Saturday, June 30, 2012 | 6:15 AM

Fahmi Salim, M.A
Anggota Komisi Pengkajian dan Penelitian MUI Pusat, Wakil Sekjen MIUMI


Anda tentu pernah mendengar celotehan kaum liberal bahwa ayat Hudud (cambuk, potong tangan dll), ayat Qisas, ayat Jilbab, ayat kawin beda agama, ayat kewarisan, dan sejenisnya adalah ayat yang bersifat partikular tidak universal dan kekal. Ayat-ayat itu berlaku tentatif dan temporer karena hanya cocok dengan kondisi bangsa Arab abad ke-7 M, dan kini sudah irrelevan dan ahistoris. (Lihat buku Metodologi Studi Al-Qur'an Ulil Cs, hlm.136)

Selain metode kontekstualisasi dalam penafsiran, kaum liberal kerap menyebut istilah maqashid syariah, 'yang penting kita ambil tujuannya (maqashid), substansinya dan nilai etisnya' karena inilah yang universal, bukan 'bentuk formal'nya karena ia berlaku temporer. Untuk membongkar kesalahan dan kesengajaan liberalis yang ingin merusak konsep asli maqashid syariah, maka hadirlah tulisan singkat ini, yang aslinya adalah pokok-pokok pikiran saat mendebat sdr. Abdul Moqsith Gozali saat diadakan acara bedah buku Metodologi Studi Al-Qur'an karya Ulil Cs di Gedung Pesantren Baytul Quran PSQ Jakarta.

A. Konsep Maqashid Syariah di Kalangan Sekuler-Liberal:

Saya coba memberikan highlights beberapa pandangan tokoh-tokoh liberal, yang telah dengan sengaja meliberalkan syariah Islam dengan dalih maqashid syariah lebih utama dari bentuk formal syariah. Karena maqashid -versi mereka- bersifat substansial dan bisa dikontekstualkan dengan situasi kontemporer, sehingga syariat Islam tidak kaku dan beku, mengikuti perkembangan sejarah dan sosio-budaya manusia.

Dr. Muhammad Abid Al-Jabiri:

حكم على علم الأصول منذ الشافعي الى الغزالي بأنه كان يطلب المعاني من الألفاظ (بنية العقل العربي ص47)

‘Abid Al-Jabiri menuding ushul fiqh Islam sejak dicetuskan di era Imam Syafi’I hingga Al-Ghazaly, selalu mencari makna dari redaksi lahiriah teks. (Binyat al-‘Aql al-‘Araby, hlm.47)

فجعلوا الاجتهاد اجتهادا في اللغة التي نزل عليها القرآن فكانت النتيجة أن شغلتهم المسائل اللغوية عن المقاصد الشرعية فعمقوا في العقل البياني وفي النظام المعرفي الذي يؤسس خاصيتين لازمتاه منذ البداية الأولى هي الانطلاق من الألفاظ الى المعاني ومن هنا أهمية اللفظ ووزنه في التفكير البياني والثانية هي الاهتمام بالجزئيات على حساب الكليات الاهتمام باللفظ و أصنافه على حساب مقاصد الشريعة (ص57)

Para ulama Islam memformat ijtihad hanya sebatas ijtihad di bidang bahasa Al-Al-Qur’an saja. Akibatnya mereka disibukkan oleh pengkajian bahasa daripada maqashid (tujuan-tujuan luhur) syari’ah. Mereka mendalami logika/nalar retoris dan system episteme yang melandasi 2 ciri khas berfikir:

1. Bertolak dari redaksi untuk menuju makna, sehingga teks/redaksi berperan besar sekali dalam corak berfikir bayani, dan

2. Fokus kepada hal-hal partikuralistik dan abai terhadap nilai-nilai universal, perhatian kepada lafaz dan jenis-jenisnya sehingga mengabaikan maqashid syariah. (Ibid, Hlm. 57)

كلام محمد جمال باروت:
وقيل بأن الجديد فيها (المقاصد الشرعية) انها تجعل المقاصد حاكمة على الوسائل (الاجتهاد الواقع النص والمصلحة ص112)

M. Jamal Barut:
Yang baru dari maqashid syari’ah adalah ia menjadikan tujuan dan substansi sebagai hakim/penentu arah bagi semua sarana/media hukumnya. (Al-Ijtihad, Al-Waqi’, An-Nash wa Al-Maslahat, hlm. 112)

كلام عبد المجيد الشرفي:
وان العبرة ليست بخصوص السبب ولا بعموم اللفظ وانما بالمقاصد (الاسلام بين الرسالة والتاريخ ص82)

Abdul Majid Al-Syarafi: Yang dipegang bukanlah kekhususan sebab dan bukan pula keumuman lafazh, namun yang jadi panglima adalah tujuan pensyariatan. (Al-Islam bayn Al-Risalah wa At-Tarikh, hlm. 82)

كلام محمد سعيد العشماوي:
ونظام الحدود في الاسلام يؤكد ذلك أيضا فالشروط التي وضعها الفقهاء لإدانة السارق والزاني و إقامة الحد عليه يصعب ان تتحقق (أصول الشريعة ص122-124)

Sa’id Al-Asymawi: System hukum pidana Islam menguatkan hal itu pula; bahwa syarat-syarat yang diberikan fuqoha untuk menghukum pencuri dan pezina sulit untuk diwujudkan. (Ushul Al-Syari’ah, hlm. 122-124)

تطبيق الرجم يبدو أنه من خصوصيات رسول الله صلى الله عليه وسلم (ص122)

Penerapan hukuman rajam tampak bahwa ia adalah salah satu keistimewaan Rasulullah saja. (Ibid., hlm. 122)

كلام الصادق بلعيد:
فإن هذه العقوبات لا تتفق مع روح الإسلام وأحكامه لأنها تقرنه بالعنف والتشدد والقسوة أمام الرأي العام العالمي (القرآن والتشريع ص 197)

Shadiq Bal’id: Sanksi-sanksi pidana itu tidak sesuai dengan spirit ajaran Islam dan hukum-hukumnya, karena dinilai sadis, keras dan kejam oleh opini public internasional. (Al-Al-Qur’an wa At-Tasyri’, hlm. 197)

B. Konsep Maqashid Syari’ah dalam Pandangan Ulama Islam:

Cendekiawan liberal itu baru lahir belakangan, dan nihil penguasaan epistemologi dan falsafah di balik kemunculan konsep maqashid syariah. Sebaliknya, ulama salaf yang melahirkan konsep aslinya, berangkat dari keterangan Al-Quran, sunnah dan prinsip-prinsip umum syariah setelah dilakukan istiqra' (induksi) seluruh bentuk formal syariah dan substansinya, baik dalam persoalan ibadah, muamalah, pernikahan, hudud, qisas dan lain-lain.

Maka sewajarnya kita memahami konsep maqashid ini dan menerapkannya sesuai dengan kerangka berfikir (framework) ulama salaf yang melahirkannya, bukan malah keliru membacanya sesuai hasil pembacaan kaum liberalis yang sudah jauh menyimpang, bias, dan rancu, terhadap konsep ini. Berikut adalah highlights pandangan ulama salaf dalam mendudukkan maqashid syariah:

لم يخرج الشاطبي عن النظام الأصولي البياني السلفي مادام يعتبر العربية هي الأساس الأول في معرفة المقاصد

Imam Al-Syathibi Rahimahullah tidak keluar atau merevolusi system dan kerangka ushul fiqh bayani ala salaf yang dibangun oleh Imam Syafi’I Radhiyallahu ‘Anhu, sebab ia selalu menekankan dimensi bahasa/redaksi Arab sebagai titik tolak memahami maqashid.

Sebagai perbandingan, mari kita cermati seksama pernyataan kedua tokoh tersebut:

كلام الإمام الشافعي:
ليست تنزل بأحد من أهل دين الله نازلة الا في كتاب الله الدليل على سبيل الهدى فيها (الرسالة ص 20)
بأن استنباط الأدلة يكون إما بنص القرآن او سنة نبوية او ما فرض الله على خلقه من الاجتهاد وفي طلبه (ص 21-22)

Penegasan Imam Syafi’i: Tiada satupun perkara/peristiwa yang dialami oleh pemeluk Islam kecuali di dalam kitabullah terdapat dalil petunjuk yang meneranginya… Konklusi hukum Islam dapat ditempuh dengan cara ditarik dari petunjuk teks/nash Al-Al-Qur’an dan sunnah atau ijtihad yang telah Allah wajibkan kepada makhluknya untuk mencari petunjuk-Nya. (Ar-Risalah, hlm.20-22)

كلام الشاطبي:
ان القرآن فيه بيان كل شيء من امور الدين والعالم به على التحقيق عالم بجملة الشريعة ولا يعوزه منها شيء (الموافقات 3\333)

Imam Syatihibi: Al-Al-Qur’an di dalamnya ada penjelasan segala sesuatu dari urusan agama, orang yang menguasainya adalah orang yang faham keseluruhan syariah dan ia tidak akan kekurangan suatu apapun dari perkara agama itu. (Al-Muwafaqat, vol.3/333)

لا بد في كل مسألة يراد تحصيل علمها على أكمل الوجوه أن يلتفت الى أصلها في القرآن (3\339)

Dalam tiap masalah yang ingin dipecahkan , dan harus peroleh ilmunya secara sempurna, maka harus merujuk kepada pokoknya di dalam Al-Al-Qur’an. (Ibid., vol.3/339)

إذا تعارض النقل والعقل على المسائل الشرعية فعلى شرط ان يتقدم النقل فيكون متبوعا و يتأخر العقل فيكون تابعا فلا يسرح العقل في مجال النظر إلا بقدر ما يسرحه النقل (الموافقات 1\78)

Jika dalil naqli dan akal bertentangan dalam soal-soal cabang syariah maka syaratnya harus didahulukan dalil naql sbb ia harus diikuti, dan dibelakangkan dalil akal sb ia harus mengekor. Dalil akal tidak boleh lepas begitu saja dalam menilai persoalan kecuali dalam batas yang telah disisakan/ditinggalkan oleh dalil naql. (Ibid., vol.1/78)

والعقل إنما ينظر من وراء الشرع (1\36)

Akal itu hanya dapat menilai sesuatu dari belakang syara’/dalil naql. (Ibid., vol.1/36)

فالعقل غير مستقل البتة ولا ينبني على غير أصل وإنما ينبني على أصل متقدم مسلم على الاطلاق ولا أصل مسلم إلا من طريق الوحي (الاعتصام 1\45)

Akal itu tidak independen sama sekali dan bukan tanpa dasar/asas yang kuat. Tetapi akal itu harus berdiri di atas fondasi kuat yang disepakati/ditaati secara absolut. Dan tak lain fondasi yang absolut itu adalah wahyu/naqli. (Al-I’tishom, vol.1/45)

لأن العقل اذا لم يكن متبعا للشرع لم يبق له الا الهوى والشهوة (الاعتصام 1\50)

Karena jika akal tidak mengikuti petunjuk syar’I, maka yang tersisa hanyalah hawa nafsu dan syahwat belaka. (Ibid., vol.1/50)

واذا ثبت هذا وان الأمر دائر بين الشرع والهوى تزلزلت قاعدة حكم العقل المجرد فكأن ليس للعقل في هذا الميدان مجال إلا من تحت نظر الهوى فهو إذا اتباع للهوى بعينه في تشريع الأحكام (1\52-53)

Jika telah terbukti bhw pilihan antara aturan syar’i dan hawa nafsu, maka akan goncanglah kaidah hukum akal. Seakan-akan akal tidak memiliki wilayah apapun kecuali dibawah kendali hawa nafsu. Yaitu mengikuti nafsu semata dalam membina hukum syariat. (Ibid., vol.1/52-53)

على الناظر في القرآن ان يسلك في الاستنباط منه والاستدلابه مسلك كلام العرب في تقرير معانيها و منازعها في انواع مخاطباتها خاصة فإن كثيرا من الناس يأخذون أدلة القرآن بحسب ما يعطيه العقل فيها لا بحسب ما يفهم من طريق الوضع وفي ذلك فساد كبير وخروج عن مقصود الشارع (الموافقات 1\41)

Orang yang ahli Al-Al-Qur’an dalam menggali dan mencari dalil darinya, harus menempuh metode orang Arab dalam menetapkan makna redaksionalnya dan kecenderungannya dalam jenis-jenis pembicaraannya. Terlebih, banyak orang yang mengambil dalil-dalil Al-Qur’an hanya sebatas apa yang diberikan akal, dan bukan dalam batasan apa yang difahami dari metode peletakan asal makna dlm bahasa Arab. Inilah pangkal kerusakan yang besar dan mengangkangi maksud/tujuan syari’. (Al-Muwafaqat, vol.1/41)

إن الفارق الأساسي بين الإسلاميين والعلمانيين في البحث عن المقاصد أن الأولين يبحثون عن مقاصد الشارع سبحانه وتعالى ومراده من النص. أما الأخرون فيبحثون عن مقاصد أنفسهم ومرادات عقولهم ومطالب أهوائهم.

Perbedaan mencolok antara Islamis dan sekularis dalam penentuan maqashid syariah adalah: kaum Islamis mencari dan menggalinya dari teks, dan kaum sekularis mencari-cari maksud/tujuan mereka semata sesuai kemauan akal dan tuntutan nafsu mereka saja.

مقاصد الشريعة مبدأ أصولي له ضوابطه ومعاييره التي تحكمه حتى لا تصبح ذريعة يتوسل بها الى تورخة النص والغائه وتمييعه فإن تحديد مقاصد الشارع لا ينبني على ظنون وتخمينات غير مطردة. إن الشاطبي مؤسس علم المقاصد هو نفسه الذي يحدد هذه الضوابط, فهل يلتزم العلمانيون بذلك؟

Maqashid Syariah adalah suatu prinsip dasar ilmu ushul fiqh yang memiliki aturan dan standar pasti agar tidak dijadikan alat untuk merelatifkan teks, dan menganulirnya. Sebab penetapan tujuan-tujuan syar’I tidak bisa dibangun oleh asumsi-asumsi dan prakiraan yang labil. Oleh sebab itu, Imam Syathibi sebagai peletak dasar ilmu maqashid telah menetapkan berbagai aturan bagi upaya menggali maqashid syari’ah. Namun apakah kaum sekuleris mau mendisiplinkan diri dengan beragam aturan itu?

C. Rambu-rambu Maqashid Syariah:


Sejak awal konsep maqashid ini diperkenalkan ke publik muslim berabad silam, ulama salaf telah memagarinya dengan banyak rambu agar tidak disalahpahami dan diselewengkan dari konsep aslinya, sehingga menjadi liberal. Maqashid syariah jika tidak dipagari oleh rambu-rambu itu, maka ia akan memakan induknya sendiri yaitu syariah Islam.

Seperti yang sekarang kita dengar dan alami sendiri, berupa gugatan untuk menghapus hukum hudud dan qisas, menggugat kewajiban jilbab, menyamakan jatah waris anak laki-laki dan anak perempuan, menganulir keharaman kawin beda agama dan lain-lain dengan dalih bahwa hukum formal syariah yang 'termaktub' dalam Al-Qur'an sudah tidak relevan lagi. Oleh sebab itu perlu dirubah, didekonstruksi dan ditinjau ulang dengan cara penerapan 'pseudo' maqashid syariah yang sudah bercorak liberal. Maqashid mereka saat ini adalah HAM, pengarusutamaan gender, demokrasi, humanisme, equality, pluralisme agama dsb. Berikut adalah sebagian rambu-rambu yang diletakkan oleh para ulama ushul fiqih:

من أبرز هذه الضوابط:
1-    الأصل في العبادات بالنسبة الى المكلف التعبد دون الالتفات الى المعاني والاصل في احكام العادات الالتفات الى المعاني

Hukum asal peribadatan adalah tidak menoleh kepada makna, sebaliknya hukum adat/kebiasaan boleh menilik kepada maknanya.

2-    المقاصد العامة للتعبد هي الانقياد لأوامر الله عز وجل وإفراده بالخضوع والتعظيم لجلاله والتوجه اليه

Tujuan umum ibadah adalah tunduk kpd perintah Allah, dan mengesakan-Nya dengan ketundukan dan berorientasi kepada-Nya

3-    المقصد الشرعي من وضع الشريعة هو إخراج المكلف عن داعية هواه حتى يكون عبدا لله اختيارا كما هو عبد الله اضطرارا
Tujuan meletakkan syariah adalah membebaskan mukallaf dari dorongan nafsunya agar menjadi hamba Allah secara sadar maupun terpaksa.

4-    وضعت الشريعة على ان تكون اهواء العباد تابعة لمقصود الشارع فيها وقد وسع الله على العباد في شهواتهم و تنعماتهم بما يكفيهم ولا يفضي الى مفسدة ولا الى مشقة

Syariat dibuat agar hawa nafsu manusia tunduk dan ikut kepada tujuan Allah. Di sisi lain Allah telah melapangkan bagi manusia untuk menikmati kebutuhan fisik syahwatnya secara proporsional, dan agar tidak menyebabkan kerusakan dan kesulitan.

5-    مشقة مخالفة الهوى ليس من المشاق المعتبرة ولا رخصة فيها البتة

Kesulitan menerima hukum karena mengingkari nafsu bukanlah salah satu jenis kesulitan yang dibenarkan dan tidak ada keringanan didalamnya.

6-    من سلك الى مصلحة غير طريقها المشروع فهو ساع في ضد تلك المصلحة

Siapa yang menempuh jalan lain selain yang disyariatkan untuk mencapai maslahat, maka sama saja ia berusaha melawan kemaslahatan itu.

7-    الامر بالفعل يستلزم قصد الشارع الى وقوع ذلك الفعل والنهي يستلزم القصد الى منع وقوع المنهي عنه

Bentuk perintah mengharuskan terjadinya isi perintah, dan bentuk larangan mengharuskan tercegahnya kejadian yang dilarang itu.

8-    إذا سكت الشارع عن أمر مع وجود داعي الكلام فيه دل سكوته على قصده الى الوقوف عند حد ما شرع

Jika syari’ mendiamkan sesuatu hal, padahal ada faktor kuat untuk memberikan hukum dalam soal itu, maka diamnya itu menunjukkan kehendaknya agar tetap/berhenti pada batas apa yang Ia syariatkan.

KESIMPULAN:


في ذلك أبلغ رد على العلمانيين الذين يريدون منا أن نتخلى عن جزئيات الشريعة وتفاصيلها ودقائقها حفاظا على روحها او مغزاها او مقاصدها او جوهرها كما يقولون. فإن الأجزاء مرتبطة بالكل والكل يشهد للأجزاء وهو ما يوضحه الشاطبي:

Kaidah-kaidah ini adalah pukulan telak bagi sekularis yang menghendaki kita untuk meninggalkan rincian dan partikularitas syariat, demi kepentingan menjaga ruhnya/tujuannya/esensinya saja. Sebab partikularitas syariat terikat dengan universalitasnya. Dan universalitas syariat menjadi saksi bagi rincian-rinciannya.

Berikut ini maqalah Imam Al-Syathibi:

كما انه إذا ثبت في الشريعة قاعدة كلية في الضروريات او الحاجيات او التحسينيات فلا ترفعها آحاد الجزئيات كذلك نقول إذا ثبت في الشريعة قاعدة كلية في هذه الثلاثة او في آحادها فلا بد من المحافظة عليها بالنسبة الى ما يقوم به الكلي وذلك الجزئيات فالجزئيات مقصودة معتبرة في إقامة الكلي ان لا يتخلف الكلي فتتخلف مصلحته المقصودة بالتشريع فلا بد من صحة القصد الى حصول الجزئيات وليس البعض في ذلك أولى من البعض فانحتم القصد الى الجميع وهو المطلوب (الموافقات 1\371-373)

Jika dalam syariat ada kaidah umum dalam soal primer, sekunder, atau tersier, maka tidak bisa dianulir oleh dalil-dalil partikular. Demikian pula, kaidah umum syariat atau partikularitasnya harus sama-sama dipelihara. Sebab bentuk partikular itupun diinginkan dalam rangka menegakkan dalil kulli, supaya dalil kulli tidak tertinggal yang menyebabkan kemaslahatan yang diinginkan menjadi hilang. Maka harus ada kebenaran maqasid untuk menghasilkan dalil-dalil partikular. Sebagian soal itu tidak lebih utama dari sebagian lainnya. Sehingga tujuan syariat dapat diperoleh semuanya. Itulah yang hendak dicari. (Al-Muwafaqat, vol.1/371-373)

لا بد من اعتبار خصوص الجئيات مع اعتبار كلياتها وبالعكس وهو منتهى نظر المجتهدين بإطلاق واليه ينتهي طلقهم في مرامي الاجتهاد (الموافقات 3\12)

Harus memelihara kekhasan dalil juz’i disertai kullinya juga, dan sebaliknya. Itulah puncak ketinggian analisis para mujtahid. Dan kepadanya berakhir tembakan mereka dalam tujuan-tujuan ijtihad. (Ibid., vol.3/12)

فمن أخذ بنص مثلا في جزئي معرضا عن كلية فقد اخطأ وكما ان من اخذ بالجزئي معرضا عن كلية فهو مخطئ كذلك من اخذ بالكلي معرضا عن جزئية وهذا كله يؤكد لنا ان المطلوب المحافظة على قصد الشارع لأن الكلي إنما ترجع حقيقة الى ذلك والجزئي كذلك ايضا فلا بد من اعتبارهما في كل مسألة (الموافقات 3\7-9)
Orang yang mengambil teks juz’I dan menyampingkan tujuan kulli maka dia tersesat/salah. Seperti itu pula orang yang mengambil teks kulli dan menyampingkan teks juz’I juga salah. Ini semua menyakinkan kita bahwa yang dituntut adalah memelihara tujuan syari’ sebab dalil kulli dan juz’I keduanya merujuk kepada maksud syara’, sehingga keduanya harus dipegang dalam menghukumi tiap masalah. (Ibid., vol.3/7-9)

بذلك يظهر ان المقاصد عند الشاطبي لضبط الاستدلال وليس لتمييعه وان اعتبار الكليات لا يجب ان يفضي الى اهدار الجزئيات كما يرغب بذلك الخطاب العلماني

Jelaslah bahwa konsep maqashid bagi Syatibi berfungsi sebagai penataan dan penertiban metode pengambilan hukum dari dalil syar’i(istidlal), bukan alat untuk menghindar dari hukum atau menganulirnya. Berpegang kepada prinsip kulli tidak boleh menganulir hal-hal partikular seperti yang diinginkan wacana kaum sekularis.

لكأن الشاطبي يخاطب العلمانيين الذين يريدون توظيفه توظيفا مغرضا حين يقول:
إن عامة المبتدعة قائلة بالتحسين والتقبيح هو عمدتهم الأولى وقاعدتهم التي يبنون عليها الشرع فهو المقدم في نحلهم بحيث لا يتهمون العقل وقج يتهمون الأدلة اذا لم توافقم في الظاهر وليس كل ما يقضي به العقل يكون حقا (الاعتصام 1\184-185)

Imam Syatibi sejak berabad silam sepertinya berbicara mengkritik kaum sekularis saat ini yang hendak memfungsikan teori maqasid secara keliru:Kebanyakan ahli bid’ah menyatakan tahsin dan taqbih secara akal saja sebagai sandaran mereka dalam membina syariat. Itulah yang dikedepankan dlm asumsi mereka. Mereka tidak menuduh akal mereka seperti mereka semangat menuduh dalil-dalil syara’ jika dalil-dalil tsb tidak mereka sukai. Tidak semua yang ditetapkan oleh akal itu adalah suatu kebenaran!! (Al-I’tishom, vol.1/184-185)

لذلك فإن توظيف المقاصد دون ضوابط او معايير ما هو إلا وسيلة لهدم الشريعة وإقصاء القرآن الكريم عن القيادة والمرجعية و تبرير للحلول التي تمليها المناهج الحديثة و تمرير للقيم التي تتطلبها المعقولية الحديثة

Oleh itu, penggunaan teori maqashid diluar aturan dan standar yang ditetapkan oleh Imam Syatibi, tak lain adalah alat buldoser untuk menghancurkan syariat Islam, dan memarjinalkan Al-Qur’an dari kepemimpinan dan rujukan hukum tertinggi dalam Islam. Serta memberi justifikasi atas solusi-solusi palsu yang didiktekan oleh metode-metode dan rasionalitas baru yang diusungnya.!!
Raih Amal shalih sebarkan ini :

Silahkan berkomentar

Gunakan sopan santun sebagai tanda orang yang berakhlaq baik

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Islamic Defenders Community - All Rights Reserved
Islamic Defenders Community | Komunitas Pembela Islam