Headlines News :
Home » » 4.000 Muslim Rohingya Tewas, 8.000 Lainnya Hilang di Myanmar

4.000 Muslim Rohingya Tewas, 8.000 Lainnya Hilang di Myanmar

Written By Anonymous on Friday, August 3, 2012 | 7:01 PM

YUNUS ERDOĞDU, di Dakka
Di negara bagian Rakhine hampir 4.000 Muslim Rohingya telah tewas oleh pasukan Budha dan Myanmar keamanan, yang dikerahkan ke daerah tersebut menyusul deklarasi keadaan darurat oleh pemerintah dalam upaya mengakhiri kekerasan, sementara 8.000 orang lainnya hilang, tanpa ada indikasi mengenai nasib mereka, kata seorang wartawan Muslim Rohingya.

Ketika berbicara kepada www.todayszaman.com hari Senin, Tin Soe, Direktur Umum Jaringan Pers Kalaban, outlet media lokal yang didirikan oleh Muslim Rohingya di Bangladesh mengatakan bahwa kekejaman yang terjadi itu adalah akibat provokasi oleh umat Buddha dan munculnya laporan-laporan yang dibuat-buat di media.

Soe mengklaim bahwa laporan yang dibuat-buat mengenai perkosaan dan pembunuhan terhadap seorang wanita Buddha oleh tiga Muslim disebarluaskan dengan sengaja hingga menyebabkan tindak kekejaman yang meluas terhadap umat Islam. Namun, Soe berpendapat bahwa pemerkosaan terhadap para perempuan Muslim, penyiksaan dan pembunuhan massal terhadap Muslim Rohingya tidak menjadi perhatian media dunia.

Menurut Soe, sebelum kedatangan para pengamat HAM PBB pengamat, beberapa skenario telah dimainkan, dimana Budha Rakhine berpura-pura sedang berlindung di kuil-kuil dan sekolah-sekolah untuk meyakinkan para pejabat PBB bahwa mereka adalah korban kekerasan intra-komunal. Akibatnya, kamp-kamp tempat berkumpulnya ribuan Muslim Rohingya kemudian dibubarkan untuk meyakinkan para pejabat itu bahwa tempat itu sudah kosong.

Sejak adanya laporan pertama tentang pecahnya kekejaman di kantor-kantor berita dunia, umat Buddha telah meningkatkan aksi kekerasan mereka terhadap kaum Muslim dan menewaskan 10 warga Rohingya Muslim.
Sejak 29 Mei, hampir 4.000 Muslim Rohingya telah dibantai sementara nasib 8.000 orang lainnya yang hilang tidak diketahui, kata Soe.

Ketakutan dan kekhawatiran tentang orang-orang yang hilang telah berkembang, karena mereka mungkin sedang di penjara atau dikubur dalam kuburan massal. Sejauh ini, Pemerintah Myanmar menolak untuk mengomentari masalah ini. Soe, yang dirinya adalah seorang Muslim Rohingya, mengatakan daerah yang paling bermasalah terletak di sepanjang kedua sisi Sungai Naf antara Myanmar dan Bangladesh. Maungdaw dan Bulhidaumg adalah kota-kota dimana pembunuhan sistematis sedang berlangsung, katanya.

Mengingat bahwa pemerintah Bangladesh tidak dapat memenuhi kebutuhan 500.000 Muslim Rohingya yang berlindung di negara itu, dia mengatakan pemerintah hanya mampu menyediakan kebutuhan bagi 29.000 orang. Menurut Soe, solusi untuk masalah ini tergantung pada negosiasi antara Muslim Rohingya, Buddha Rakhine dan pemerintah Myanmar di bawah naungan PBB. Ada 3 juta Muslim Rohingya, dimana setengah dari mereka berada di Myanmar. Sementara 500.000 orang lagi berlindung di Bangladesh, dan hampir 1 juta orang lainnya tersebar ke negara-negara sekitar lainnya. Soe, yang melarikan diri ke Bangladesh pada tahun 1979 setelah keterlibatannya dalam kegiatan politik di universitas menarik perhatian orang, kemudian mendirikan Jaringan Pers Kalaban dengan Muslim Rohingya lainnya di Bangladesh. Sementara itu, Menteri Luar Negeri Ahmet Davutoglu menerima Muhammad Yunus, seorang wakil Muslim Rohingya, di kantornya di Ankara, Senin. Pada saat yang sama, Organisasi Kerjasama Islam (OKI) meluncurkan kampanye besar-besaran untuk memobilisasi masyarakat internasional agar mengambil tindakan untuk menghentikan kekejaman terhadap Muslim Rohingya.(RZ/ Senin, 30 Juli, 2012 /www.todayszaman.com)
Raih Amal shalih sebarkan ini :

Silahkan berkomentar

Gunakan sopan santun sebagai tanda orang yang berakhlaq baik

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Islamic Defenders Community - All Rights Reserved
Islamic Defenders Community | Komunitas Pembela Islam