Headlines News :
Home » » Inilah Keutamaan Berdoa Menurut Hadits Nabi

Inilah Keutamaan Berdoa Menurut Hadits Nabi

Written By Anonymous on Thursday, August 2, 2012 | 7:16 PM

Doa adalah permohonan hamba kepada Tuhannya. Doa dalam pandangan Islam merupakan ibadah yang sangat besar kedudukannya.

At-Tirmidzi telah meriwayatkan hadits yang diriwayatkan dari Anas r.a.: “Doa adalah otaknya ibadah”.

Banyak atsar yang diterima dari Rasulullah Saw yang mendorong agar kaum Muslimin senang berdoa, antara lain:

Dalam hadits yang diriwayatkan oleh Ibnu Majah yang diterima dari Abu Hurairah r.a.: “Tidak ada sesuatu yang lebih mulia di sisi Allah selain doa”.

Bukhari telah meriwayatkan sebuah hadits yang berbunyi: “Barangsiapa yang tidak memohon kepada Allah, maka Dia (Allah) akan marah kepadanya”.

Dalam hadits Ibnu Mas’ud dikemukakan: “Memohonlah kalian kepada Allah untuk memperoleh karunia-Nya, karena sesungguhnya Allah senang apabila diminta”. (HR. At-Tirmidzi)

Dalam hadits marfu’ yang diriwayatkan dari Ibnu Umar r.a. dikemukakan: “Sesungguhnya doa bermanfaat bagi yang turun dan belum turun, maka kalian, wahai hamba-hamba Allah, hendaklah berdoa”.

Dalam hadits yang diriwayatkan dari ‘Ubadah bin Ash Shamit dikemukakan: “Tidaklah seorang muslim di planet bumi ini berdo’a kepada Allah dengan suatu do’a , melainkan Allah mengabulkannya atau Dia memalingkan keburukan semisal do’a tersebut daripadanya”. (H.R. At Tirmidzi dan Al Hakim ).

Dalam hadits marfu’ yang diriwayatkan oleh Abu Sa’id r.a dikemukakan: “Tidaklah seorang muslim berdo’a, di mana dalam do’a tersebut tidak terdapat unsur dosa dan memutuskan silaturahmi, melainkan dengan do’a itu Allah memberi salah satu dari tiga (kebaikan) kepadanya : Baik dengan spontan Allah mengabulkan permohonannya, atau menangguhkannya untuk nanti di akhirat, atau Allah memalingkan keburukan semisal do’a tersebut daripadanya”. (H.R. Ahmad).

Hadits-hadits di atas dan hadits-hadits yang lainnya, pada umumnya menunjukkan terhadap kedudukan do’a, bahwasanya do’a adalah merupakan permohonan hamba kepada Tuhannya.


sumber: Kitab Ahkamush Sholat

SI Online
Raih Amal shalih sebarkan ini :

Silahkan berkomentar

Gunakan sopan santun sebagai tanda orang yang berakhlaq baik

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Islamic Defenders Community - All Rights Reserved
Islamic Defenders Community | Komunitas Pembela Islam