Islamic Defenders - CHICAGO –
Tidak sia-sia usaha Lingkaran Islam Amerika Utara (ICNA) mempromosikan
ajaran Islam dengan memanfaatkan segala lini komersial. Melalui program
tersebut, tak sedikit warga AS yang akhirnya memeluk Islam.
Cukup besar dana yang mereka
keluarkan, yakni 30.900 dolar AS, guna menempatkan iklan pada setiap bus
di Chicago. Iklan yang ditempatkan cukup sederhana, mereka hanya
menaruh nomor telepon 800 662 di bawah tulisan "Anda bertanya Tentang
Islam".
Iklan tersebut dipasang selama
satu bulan, mulai 19 September - 20 Oktober 2011. Mengingat tingginya
minat dan antusiasme masyarakat terhadap iklan, tak kurang dari 300 ribu
penelpon, ICNA memutuskan memperpanjang iklan tersebut sampai 23
November.
Yang menarik, bagi penelepon akan dikirimkan salinan Alquran terjemahan bahasa Inggris, literatur Islam dan lainnya.
Diretur Kampanye ICNA, Saabel
Ahmed, mengatakan setiap lini komersial membuka kesempatan untuk
mengetahui lebih banyak tentang Islam. "Setiap lini memungkinkan orang
berinteraksi dengan banyak orang, yang kemudian masing-masing saling
mengenal satu sama lainnya," kata Ahmed.
Tak hanya di Chicago, ICNA juga
melakukan kampanye serupa di New York dan Seattle. Di New York, ICNA
menempatkan iklan pada moda kereta bawah tanah. Isinya berupa format
visual terkait pertanyaan yang umumnya terlontar dari warga AS tentang
Islam dan jawabannya.
Sukses dengan kampanye tersebut, sejumlah kota di AS dan Kanada meminta ICNA untuk menjalankan proyek serupa.
Lislie Tole Masuk Islam
Lislie C Tole misalnya, mualaf
yang bekerja sebagai guru ini pada awalnya penasaran dengan iklan yang
ia lihat pada bus di Chicago. Ia catat nomor telepon tersebut lalu ia
hubungi.
Banyak mendapat informasi tentang Islam dan Muslim secara lengkap, Leslie mulai berpikir untuk menjadi Muslim.
Memang, butuh banyak
pertimbangan dalam dirinya sebelum memutuskan menjadi. "Jujur, aku telah
banyak mencari tahu tentang Islam. Namun, aku belum bisa berkomitmen,"
kata dia.
Rupanya, iklan dalam bus itu
seolah mengingatkan dirinya apakah sudah siap untuk memeluk Islam.
Sebab, sudah sekian lama ia mencari tahu tentang Islam dan Muslim. Tak
berselang lama, ia mantap memeluk Islam. "Di akhir keputusanku, ada satu
pertanyaan yaitu bagaimana menjadi seorang Muslim," ujarnya.
Pengalaman Lislie juga dialami
Ilyas. Ia terinspirasi iklan tersebut. Dari iklan itu ia banyak belajar.
Satu kesimpulan yang ia dapat. "Islam adalah agama yang sempurna. Sulit
untuk menjelaskan karena anda tahu kebenaran. Hanya hati anda yang
dapat menjawabnya," kata Ilyas.
Lislie menilai kampanye yang dibesut ICNA cukup brilian. Meski kontennya sederhana tapi efeknya luar biasa.
"Saya tidak pernah melihat
sesuatu macam ini sebelumnya. Banyak sekali informasi yang didapat, yang
pasti para pembimbing cukup objektif dalam memberikan penjelasan,"
ungkapnya.(ROL)
+ komentar + 2 komentar
ehem ehem templatenya keren dari soratemplate ya bang.
Terimakasih Berita Dan Cerita atas Komentarnya di Dari Iklan Bus, Warga Chicago Banyak Masuk Islampunya teman2 banyak aku kumpulin di blog aku, kalo yg disini aku kumpulin jg kira2 boleh apa gak ya?
Iya nih...
bagus tuh di kumpulin aja bang supaya gampang nanti nyarinya lagi, tinggal buka blog abang aja... ^_^
makasih bang kunjungannya...
Silahkan berkomentar
Gunakan sopan santun sebagai tanda orang yang berakhlaq baik