Headlines News :
Home » , » Kristen Bukan Lagi Mayoritas di AS

Kristen Bukan Lagi Mayoritas di AS

Written By Unknown on Friday, October 12, 2012 | 11:29 AM


Islamic Defenders - Saat ini, untuk pertama kali dalam sejarah Amerika, komunitas Kristen Protestan bukan lagi jadi kelompok mayoritas di AS saat jumlah orang yang tidak punya afiliasi dengan agama tertentu meningkat jumlahnya, demikian temuan studi Pew Research Center.

Laporan Pew, sebagaimana dilansir BBC, Rabu (10/10/2012), menyebutkan, hanya 48 persen orang dewasa AS yang mengidentifikasi diri sebagai Protestan. Angka itu turun dibanding posisi lima tahun lalu yang masih mencapai angka 53 persen.

Penurunan tersebut terkait dengan kenaikan jumlah mereka yang mengklaim diri tidak punya agama, yaitu sekitar 20 persen dari jumlah warga AS, kata studi tersebut.

Dalam paket calon presiden Partai Republik tahun ini, tidak ada orang Protestan. Mitt Romney, calon presiden AS dari Partai Republik, seorang Mormon. Sementara calon wakilnya, Paul Ryan, seorang Katolik. Ini baru pertama kali dalam sejarah AS. Tak hanya itu, anggota hakim Mahkamah Agung juga tidak ada yang Protestan.

Pew Forum tentang Agama dan Kehidupan Publik mengatakan, jumlah orang yang tidak punya afiliasi dengan agama tertentu naik 5 persen dari 15 persen pada lima tahun lalu. Kategori itu mencakup mereka yang ateis, orang-orang yang percaya pada Tuhan, atau yang mengidentifikasi dirinya sebagai "spiritual", tetapi bukan "religius".

Studi tersebut menyimpulkan, sebagian besar responden (yang tidak terafiliasi dengan agama tertentu) tidak mencari relasi baru dalam satu lembaga keagamaan. Sepertiga orang dewasa di bawah 30 tahun, tetapi hanya 9 persen dari mereka yang lebih tua dari 65, mengaku tidak memiliki identitas keagamaan.

Para koresponden mengatakan, tren menjauh dari agama itu dapat memiliki implikasi politik. Laporan tersebut menemukan bahwa mereka yang tidak punya afiliasi keagamaan lebih mungkin untuk mendukung hak aborsi dan pernikahan gay ketimbang warga AS yang lain. 

Mereka juga cenderung terdaftar sebagai pemilih Partai Demokrat sehingga blok ini bisa segera menjadi penting bagi Partai Demokrat karena kaum evangelis merupakan massa Partai Republik, kata studi tersebut.

Pew menemukan bahwa warga AS tanpa afiliasi keagamaan berasal dari berbagai latar belakang sosial dan ekonomi: pria dan wanita, lulusan perguruan tinggi, dan mereka yang tidak pernah kuliah, orang berpenghasilan kurang dari 30.000 dollar AS atau mereka yang berpenghasilan lebih dari 75.000 dollar AS per tahun.

Sumber :BBC
Raih Amal shalih sebarkan ini :

Silahkan berkomentar

Gunakan sopan santun sebagai tanda orang yang berakhlaq baik

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Islamic Defenders Community - All Rights Reserved
Islamic Defenders Community | Komunitas Pembela Islam