Headlines News :
Home » , » Begini Al-Qur’an Menjelaskan Haramnya Daging Babi

Begini Al-Qur’an Menjelaskan Haramnya Daging Babi

Written By Unknown on Saturday, January 26, 2013 | 8:25 AM

Islamic Defenders - PASTI Anda tahu babi. Ya, hewan yang senang tinggal di kubangan ini memang diharamkan untuk dimakan oleh umat manusia. Yuk, kita simak firman Allah di ini, “Bahwasanya Allah telah mengharamkan atas kamu bangkai, darah, daging babi,” (Q.S. Al-Baqarah 2:173)

Penjelasan Ayat

Jika kita perhatikan ayat di atas, kita temui larangan untuk memakan daging babi, sebagaimana juga larangan memakan bangkai, darah, dan (daging) yang disembelih dengan menyebut nama selain Allah, sementara Dia membolehkan memakannya ketika dalam keadaan darurat saja. Pasti larangan ini memiliki  hikmah, dan apa pendapat ulama tentang hal tersebut?

Fakta Ilmiah

Menurut ulama dan ilmuwan, daging babi dapat melemahkan daya tahan tubuh dan rentan penyakit. Sebuah restoran yang sehat adalah restoran yang sama sekali tidak tersentuh oleh berbagai unsur daging babi. Siapa pun yang terbiasa mengkonsumsi daging babi ini maka ia akan menanggung dosa di kemudian hari. Para ulama menegaskan bahwa siapa pun yang mengkonsumsi daging hewan pemangsa,  ia cenderung bertabiat kasar dan  selalu berbuat jahat.
Sejumlah penelitian medis ilmiah telah menetapkan bahwa babi – dibandingkan semua jenis hewan yang ada- termasuk daging yang mengandung bahan berbahaya bagi tubuh manusia. Di antara penyakit yang muncul karena memakan babi adalah sebagai berikut:
  1. Penyakit parasit. Di antaranya adalah berkembangnya cacing spiral (termasuk cacing yang paing berbahaya bagi manusia). Semua daging babi pasti mengandung cacing ini. Biasanya cacing ini berkumpul dalam otot-otot, maka orang yang memakan daging babi bisa menderita sakit yang luar biasa dan bisa menyerang diafragma sehingga menyebabkan nafas terhenti,  kemudian mati.
  2. Cacing pita. Cacing pita memilki panjang hingga 10 kaki. Cacing ini bisa menyebabkan perut kejang-kejang dan darah rendah. Juga bisa menyebabkan adanya cacing di otak orang yang memakannya, begitu juga di dalam daging, hati, paru-paru, jeroan daging, dan lainnya.
  3. Cacing scars.   Cacing jenis ini bisa menyebabkan disfungsi pada paru-paru dan penyakit komplikasi pada pencernaan.
  4. Cacing Engcalostoma, Balharesia, Dosentaria. Cacing–cacing jenis ini bisa menyebabkan leukimia, pendarahan, dan penyakit lainnya yang bisa menyebabkan kematian.
  5. Cacing jenis lainnya yang ada di dalam babi yang jumlahnya lebih dari 30 jenis dan bervariasi tingkat bahayanya
Sisi Ilmiah Mukjizat Al-Qur’an

Nah, tampaknya itu sudah cukup buat kita kenapa Allah mengharamkan daging babi untuk manusia, khususnya umat Islam. Ya, karena daging ini sangat berbahaya untuk kita. Allah melarang kita untuk memakan jenis daging ini karena Dia menginginkan makhluk-Nya sehat afiat,
Subhanallah, sungguh Allah Maha baik.  Demikianlah i’jaz al-Qur’an berbicara kepada kita.
Raih Amal shalih sebarkan ini :

+ komentar + 2 komentar

April 10, 2015 at 2:37 PM

KUTIFAN AYAT YANG BENAR ADALAH :
Allah swt telah berfirman, “Sesungguhnya Allah telah mengharamkan bagimu bangkai, darah, daging babi dan binatang yang (ketika disembelih) disebut nama selain Allah….” (QS Al-Baqarah (2): 173)

Perkatikan kalimat " YANG KETIKA DISEMBELIH DISEBUT NAMA SELAIN ALLAH ",,,Bagaimana Jika BABI SAAT DISEMBELIH DISEBUT NAMA ALLAH ???

Kalau merujuk ayat di atas seharusnya HALAL Kan ???,,,Sebab penekanan inti ayat itu bukan PADA JENIS MAKANANNYA TETAPI ADALAH CARA MEMPERLAKUKAN MAKANAN TERSEBUT,,,Contoh apakah Buah Mangga Haram untuk di Makan ??? Bisa HARAM bisa juga HALAL,,!!! LHO KOK BISA BEGITU SIH ???,,YA IYALAH,,BUAH MANGGA TENTU SAJA HARAM JIKA BUAH YANG KITA MAKAN ITU BERASAL DARI HASIL MENCURI PUNYA ORANG,,,!! BUAH MANGGA PASTI HALAL DAN NIKMAT JIKA KITA MEMBELINYA DARI PEDAGANG SECARA RESMI ATAU MEMETIKNYA DARI KEBUN KEPUNYAAN SENDIRI,,,DEMIKIAN ANALOGI PADA KASUS PENYEMBELIHAN HEWAN TADI DI ATAS ,,,INTINYA BUKAN PADA JENISNYA TETAPI PADA "BAGAIMANA SAAT MENDAPATKANNYA " APAKAH DISEMBELIH DENGAN MENYEBUT NAMA ALLAH ATAU SETAN ?? COBA SAYA TANYA, JIKA SAYA MENYEMBELIH SEEKOR DAGING SAPI DENGAN MENYEBUT NAMA SETAN KARENA (MISALNYA) UNTUK KURBAN BERHALA,,APAKAH DAGING SAPI ITU TETAP HALA ATAU HARAM ??? KALAU MENURUT LOGIKA ANDA PASTI JAWABANNYA ADALAH TETAP HALAL,, TAPI MENURUT LOGIKA SAYA PASTILAH HARAM,,,MAKANYA KALAU MENGUTIF AYAT JANGAN SEPOTONG BRO BISA KABUR ARTINYA,,,,,WASALAM

yesus mengajarkan ' YANG MENAJISKAN (HARAM) BUKAN APA YANG MASUK KE DALAM MULUT (MAKANAN) TETAPI APA YANG KELUAR DARI mULUT (ucapan kotor),,itulah yang menajiskan (Haram),,,!

Terimakasih Udin Meong atas Komentarnya di Begini Al-Qur’an Menjelaskan Haramnya Daging Babi
April 10, 2015 at 2:42 PM

Miliaran orang China di Tiongkok hampir sepanjang hidupnya makan daging BABI kenyataannya sampai saat ini sehat-sehat saja kok ngak ada problem dengan CACING PITA,,, coba deh cari di google dimana hasil penelitian terbaru mengatakan bahwa jenis daging yang Terbaik untuk kesehatan adalah Jenis daging berwarna PUTIH, sepeti : Ikan, ayam,DAGING BABI,,,DLL. ( BUKAN KUDA, UNTA, DOMBA )

Terimakasih Udin Meong atas Komentarnya di Begini Al-Qur’an Menjelaskan Haramnya Daging Babi

Silahkan berkomentar

Gunakan sopan santun sebagai tanda orang yang berakhlaq baik

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Islamic Defenders Community - All Rights Reserved
Islamic Defenders Community | Komunitas Pembela Islam